Bulan Shofar adalah Bulan Shofar Khoir (Baik), Bukan Shofar Bala (Sial).

Sesungguhnya Allah bersifat Ar Rahman dan Ar Rahim (Maha Pengasih dan Maha Penyayang).  Allah sangat mengasihi semua makhlukNya, baik makhluk yang beriman dan meramal sholeh, maupun makhluk yang kafir kepadaNya.  Belas kasih Alloh SWT itu berlangsung sepanjang tahun, sepanjang bulan, sepanjang pekan maupun sepanjang hari, sepanjang jam, menit dan detik. Tidak ada satu saatpun lepas dari belas kasih Alloh Ar Rahman kepada semua makhlukNya.

Bahkan di bulan Shofar ini tidak lepas dari belas kasih Alloh kepada semua makhlukNya.

Bulan Safar adalah bulan dari bulan penanggalan hijriyah. Nabi SAW menamakannya Safar al-Khair (Hadis yang disampaikan  oleh Syekh Abdul Qodir Al Jailany RA berdasarkan riwayat dari Imam Ali bi Abi Thalib RA)

Rasululloh – semoga salawat dan salam tetap atas beliau – juga bersabda “Tidak ada penularan penyakit, tidak ada kepercayaan akan nasib sial, tidak ada kepercayaan terhadap burung hantu, tidak ada nasib sial pada bulan shofar” (HR Bukhari-Muslim dari Abu Hurairah RA)

Tidak benar sangkaan sementara orang bahwa bulan Shofar adalah bulan dimana Alloh menurunkan banyak bala. Tidak benar bahwa bulan Shofar juga merupakan bulan di mana Allah menurukan kemarahan dan hukuman ke atas dunia kepada manusia yang bertaqwa kepada Alloh SWT, yang penuh dengan iman dan amal sholeh kepadaNya.

Orang-orang jahiliyahlah yang mengatakan bahwa bulan Shofar adalah bulan sial atau bulan bala.

Yang benar adalah, bulan Shofar merupakan bulan di mana Allah menurukan kemarahan dan kutukan kepada Iblis dan para setan pengikutnya dan mengusir mereka semua dari alam penuh kenikmatan.

Kutukan dan pengusiran Iblis dari alam kenikmatan oleh Alloh SWT , antara lain tertuang dalam Al Qur’an surat Al Hijir/15: 28-35 :

Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniupkan ke dalamnya ruh (ciptaan) Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud.

Maka bersujudlah para malaikat itu semuanya bersama-sama, kecuali iblis. Ia enggan ikut bersama-sama (malaikat) yang sujud itu.

Allah berfirman: “Hai iblis, apa sebabnya kamu tidak (ikut sujud) bersama-sama mereka yang sujud itu?”

Berkata Iblis: “Aku sekali-kali tidak akan sujud kepada manusia yang Engkau telah menciptakannya dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk”.

Allah berfirman: “Keluarlah darinya (alam kenikmatan), karena sesungguhnya kamu terkutuk, dan sesungguhnya kutukan itu tetap menimpamu sampai hari kiamat”.

Oleh sebab telah Iblis dikutuk dan diusir itulah maka Iblis dan para pengikutnya membalas dendam kepada Nabi Adam dan semua manusia (bani adam).  Riwayat ini tertuang dalam Al Qur’an surat Al Hijir/15: 36-44, sebagai sebagai kelanjutan dari ayat-ayat di atas :

Berkata iblis: “Ya Tuhanku, (kalau begitu) maka beri tangguhlah kepadaku sampai hari (manusia) dibangkitkan”.

Allah berfirman: “(Kalau begitu) maka sesungguhnya kamu termasuk  yang diberi tangguh, sampai hari (suatu) waktu yang telah ditentukan”

Iblis berkata: “Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis di antara mereka”.

Allah berfirman: “Ini adalah jalan yang lurus;  kewajiban Aku-lah (menjaganya).  Sesungguhnya hamba-hamba-Ku tidak ada kekuasaan bagimu terhadap mereka, kecuali orang-orang yang mengikut kamu, yaitu orang-orang yang sesat. Dan sesungguhnya Jahanam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut syaitan) semuanya. Jahanam itu mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka.

Jadi bala bencana dan kesialan yang sering terjadi di bulan Shofar atau bulan-bulan yang lainnya adalah disebabkan oleh ulah Iblis dan para setan pengikutnya yang membalas dendam kepada bangsa manusia.

Mereka akan menjadikan para manusia memandang baik perbuatan maksiat dan akan menyesatkan mereka semuanya.

Hanya manusia yang ikhlas kepada Alloh SWT yang akan diberikan penjagaan oleh Alloh SWT sehingga mereka bisa bertahan dari gangguan Iblis dan para setan pengikutnya. Manusia yang tetap ikhlas dan bertaqwa kepada Alloh akan terhindar dari bala bencana yang disebabkan oleh dendam kesumat Iblis itu.

Untuk itu dianjurkan kepada kaum muslimin untuk banyak beribadah dan berdoa untuk menolak bala dari Iblis dan  para setan pengikutnya, terutama pada bulan Shofar. Akan lebih baik, di semua bulan, kaum muslimin banyak beribadah dan berdoa menolak bala itu.

Janganlah berburuk sangka kepada Alloh bahwa Alloh banyak menurunkan banyak  bala di bulan Shofar. Dan janganlah menyangka bahwa bala itu adalah kehendak Alloh karena sesungguhnya semua bala itu disebabkan oleh kemaksiatan para manusia yang mengikuti ajakan setan untuk memandang baik perbuatan maksiat itu dan memandang baik kesesatan jalannya setan itu.

Iklan

2 Tanggapan

  1. Assalamualaikum wr wb,

    Alhamdulillahirrobbilalamin, Subhanalloh Allahu Akbar,

    Barakalloh Yaa Allah Yaa Muhammad Rasullulloh, amien…amien…amen Yaa Robbalalamin.

    Wassalamualaikum wr wb

    • Wassalamualaikum wr wb,

      Jazakallohu Bu Emillia atas tanggapan yang baiknya. Semoga kita semua dilindungi oleh Alloh SWT dari berprasangka buruk kepadaNya. dan semoga kita semua dimantapkan keimanan tauhidnya kepada Nya. amin.

      Wassalamualaikum wr wb,

      Admin blog darulkhodir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: